Wednesday, April 27, 2016

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Kemangi merupakan salah satu tumbuhan yang hanya tumbuh ketika dimusim penghujan. Tumbuhan ini memiliki pohon yang berukuran kecil dan aroma yang sangat khas dan menyengat ini sangat disukai oleh masyarakat. Pada umumnya masyarakat banyak menggunakan daun kemangi sebagai lalapan ataupun lainnya. Selain digunakan sebagai lalapan, daun kemangi ini ternyata juga memiliki manfat yang luar biasa bagi kesehatan. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh kandungan yang ada di dalam kemangi. Diantaranya kemangi memiliki sifat antioksidan dan antibekteri. Selain itu daun kemangi juga memiliki kandungan vitamin K yang berfungsi pembukaan darah. Lantas apa saja manfaat daun kemangi tersebut? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Manfaat  Daun Kemangi Bagi Kesehatan Kulit dan Rambut

Mencegah Infeksi Kulit
Karena sifat antibiotik dan antibakteri yang terdapat di dalam daun kemangi ini membuat kemangi dapat berfungsi untuk membasmi pertumbuhan bakteri seperti E coli dan B anthracis yang menyebabkan infeksi kulit. Infeksi kulit memiliki banyak jenis diantaranya peradangan, gatal-gatal dan masih banyak lagi lainnya. Adapun cara untuk memanfaa kemangi untuk mengatasi atau mencegah terjadinya infeksi kulit adalah dengan menyiapkan dengan menggiling dan merebus 200-250 gram daun kemangi dengan kuantitas yang sama dari minyak biji wijen dapat diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan gatal-gatal. Campuran daun kemangi dan jus lemon juga dapat diterapkan pada kulit untuk mengobati kurap.

Mencegah Jerawat
Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh semua orang entah itu bagi wanita ataupun pria. Selain itu masalah ini kerap kali membuat risau bagi setiap orang yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan jerawat sangatlah mengganggu penampilan menjadi tidak menarik lagi. Oleh karena itulah harus dilakukan upaya untuk membasmi masalah jerawat dengan cepat dengan cara memanfaatkan daun kemangi. Daun kemangi memang terbukti sangat ampuh untuk mengatasi jerawat hal ini dikarenakan kandungan antibakteri dan antioksidan di dalamnya. Adapun cara untuk memanfaatkan sangatlah mudah yaitu hanya dengan menumbuk halus daun kemangi setelah itu oleskan secara merata pada kulit wajah Anda yang berjerawat. Jika menginginkan hasil yang maksimal maka lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari.

Mencegah Rambut Rontok
Rambut rontok juga merupakan salah satu masalah yang cukup sering terjadi sama seperti dengan masalah jerawat. Jika dibiarkan begitu saja tentu akan semakin memperburuk kondisi kesehatan rambut hingga mengalami kebotakan. Maka oleh karena itulah untuk menghindari hal tersebut alangkah baiknya dengan memanfaatkan daun kemangi. Dipercaya daun kemangi dapat mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Nah itulah beberapa manfaat kemangi bagi kesehatan rambut dan kulit yang dapat Anda ketahui. Selain itu terdapat satu hal yan harus Anda ketahui adalah cara untuk memilih dan menyimpanannya. Untuk memilih daun kemangi usahakan untuk memilih daun yang berwarna hijua. Bukan hanya itu saja cara penyimpanannya juga perlu diperhatian. Sebaiknya simpan di tempat yang dingin dan ditempatkan pada kelembapan yang tepat. Untuk mendapatkan kemangi yang berkualitas Anda bisa menanamnya di pot i halaman belakang sehingga daun dan bunganya segar dapat segera dipanen untuk digunakan. Memilih daun kemangi segar organik atau bentuk daun namun daun segar selalu lebih unggul dalam kualitas dan rasa. Sekian penjelasan mengenai manfaat kemangi bagi kesehatan rambut dan kulit. 
Baca juga 

Cara mengeriting rambut ala korea
Jenis dan cara mengobati vetrigo Paling Ampuh
http://bisnisi.com/memahami-pengertian-dan-sistem-bisnis-waralaba/
http://bisnisi.com/strategi-sukses-usaha-cuci-motor-untuk-pemula
http://bisnisi.com/usaha-sampingan-modal-kecil-untuk-karyawan/
http://bisnisi.com/ide-bisnis-rumahan-tanpa-modal-yang-menguntungkan
http://bisnisi.com/peluang-usaha-kecil-menengah-yang-potensial/
http://bisnisi.com/tips-memulai-bisnis-properti-pemula/ 

No comments:

Post a Comment